Minggu, 27 September 2015

Pendiri google dan sejarah lahirnya google

Berawal dari pertemuan 2 orang pada tahun 1995 Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph. D. di Universitas Stanford, California. Pertemuan 2 orang yang berbeda umur 1 tahun tersebut (page 24 thn & Brin 23 thn) mengakibatkan diskusi yang panjang, karena perbedaan pandangan & pendapat.Namun, dari diskusi mereka yang panjang tersebut melahirkan sebuah pendekatan untuk menyelesaikan permasalahan d dunia komputer yakni bagaimana memperoleh data yang nantinya seluruh data tersebut terkumpul dalam satu website(seperti GOOGLE sekarang).
 

Pada tahun 1996 kolaborasi mereka menghasilkan sebuah mesin search engine yang di beri nama BackRub. Page & Brin menjadikan itu sebagai tesis mereka & melakukan pengujian² sebagai bahan pembelajaran bagi mereka. Mesin pencari tersebut awalnya menggunakan website Universitas Stanford dengan domain google.stanford.edu. Domain google.com diregistrasikan tanggal 15 September 1997. Untuk mendirikan Perusahaan Google mereka mendapatkan modal dari Andy Bechtolsheim, salah seorang pendiri Sun Microsystems, yaitu sekitar $1,1 juta, termasuk sebuah cek senilai $100.000. Dan akhirnya perusahaan ini berdiri dengan nama Google Inc. pada tanggal 7 September 1998 pada sebuah garasi rumah di Menlo Park, California.

Bulan Maret 1998, perusahaan ini memindahkan kantornya ke Palo Alto, rumah bagi beberapa perusahaan teknologi di Silicon Valley. Pada tahun 2000, Google mulai menjual iklan yang dikaitkan dengan kata kunci. Kata kunci dijual berdasarkan pada kombinasi tawaran harga dan jumlah klik, dengan penawaran dimulai pada 5 sen (US$) per klik. Sebuah paten yang menggambarkan bagian dari mekanisme penilaian Google (Page Rank) disetujui pada 4 September 2001. Paten ini secara resmi ditetapkan oleh Universitas Stanford dan memasukkan nama Lawrence Page sebagai pencipta. Perusahaan ini menyewa sebuah komplek bangunan di 1600 Ampitheatre Parkway, Mountain View dari Silicon Graphics (SGI) pada tahun 2003. Google telah menetap di lokasi itu hingga saat ini, dan komplek ini mulai dikenal sebagai Googleplex (plesetan dari kata googolplex, angka 1 yang diikuti oleh seratus nol). Tahun 2006, Google membeli properti dari SGI sebesar $319 juta.

Nama "Google" berasal dari ucapan "googol" yang salah, yang merujuk pada 10100 (angka yang itunjukkan oleh 1 yang diikuti oleh seratus nol). Setelah kata ini menjadi ucapan sehari-hari, kata "google", dimasukkan dalam Merriam Webster Collegiate Dictionary dan Oxford English Dictionary pada 2006, yang berarti "menggunakan mesin pencari Google untuk memperoleh informasi di Internet.

Google sendiri mempunyai filosofi "Don't be evil", dan "Kerja harusnya menatang dan tantangan itu harusnya menyenangkan"

0 komentar:

Terimakasih, Atas Kunjungan Ke

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow Me

berita populer